Gentra News Bali – Tabanan, Kamis 14 Maret 2024
Kata “Lascarya” berasal dari bahasa Bali yang berarti ikhlas dengan akar Kata “Las” artinya ikhlas, sedangkan dikembangkan lagi lebih halus menjadi Lascarya, artinya ikhlas dari hati nurani. Kata ini kemudian didengungkan menjadi inovasi pelayanan oleh Kepala Samsat Tabanan I Ketut Sadar, S.Sos, M.H., dengan akronim “Lascarya : Ikhlas Lancar Dan Terpercaya”.
Dalam keseharian seluruh staf Samsat Tabanan diberikan motivasi kerja setiap akan melaksanakan tugas, dengan mengucapkan secara bersama-sama yel yel Bali Dwipa Jaya, Samsat Tabanan hebat, dengan penekanan agar seluruh staf Samsat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan “Lascarya”.
Menurut Kepala Samsat Tabanan, I Ketut Sadar S.Sos M.H., mengatakan bahwa “inovasi ini telah dibuatkan dalam bentuk spanduk dan terpasang di depan Kantor Samsat Tabanan, dengan tujuan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selalu dengan keikhlasan dari hati nurani, tanpa adanya embel-embel apapun. Selain itu hal ini pula untuk mengajarkan kepada seluruh staf tentang servant leadership, dimana sebagai abdi negara dan abdi masyarakat kita harus bekerja dengan hati”. Kata Kepala Samsat Tabanan
Kepala Samsat Tabanan juga menuturkan bahwa dengan diterapkannya hal ini, masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor semakin membludak mendatangi kantor Samsat Tabanan untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Karena masyarakat telah mengetahui kecepatan pelayanan di kantor Samsat Tabanan, dan tidak calon ataupun gratifikasi, masyarakat merasa nyaman diberikan pelayanan cepat dengan petugas yang ramah tamah serta sumber daya manusia yang unggul. “Ada beberapa inovasi pelayanan yang digandrungi masyarakat seperti Samsat Gelis/Drive Thru hanya dengan 2 menit telah selesai, demikian pula dengan Samsat Keliling (samling) yang sering digelar di beberapa tempat, terutama Samsat senggol Tabanan, sambil jalan jalan di pasar Senggol masyarakat dapat membayar pajak kendaraan bermotor, terutama pada malam Minggu”. Tutur I Ketut Sadar S. Sos, M.H. (Kamis 14 Maret 2024.)
“Kami juga sampaikan ucapan terimakasih kepada anggota satuan lalu lintas Polres Tabanan yang bertugas di kantor Samsat Tabanan, jasa Raharja dan pihak Bank, serta seluruh stakeholder terkait, karena keberhasilan ini juga berkat dukungan semua pihak, demikian pula kepada masyarakat wajib pajak yang telah memberikan kepercayaan penuh terhadap Samsat Tabanan dalam pelayanan publik sehingga Samsat Tabanan kini pada Tri Wulan I sampai dengan hari per 14 Maret 2024, capaian BBN-KB mencapai 26.02 persen melampaui dari batas yang ditargetkan sebesar 20 persen”. Tutup Kepala Samsat Tabanan yang asli Putra Tabanan ini.
(**)