Bersatu dengan Alam Untuk Indonesia Hijau, Kodim Loteng Luncurkan Program Pembibitan 2000 Bibit Pohon

Gentra News NTB – Lombok Tengah, Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup, Kodim 1620/Lombok Tengah meluncurkan program pembibitan 2000 bibit pohon.

Program ini bertujuan untuk menghijaukan kembali daerah-daerah yang rawan banjir dan longsor di seluruh wilayah Kabupaten Lombok Tengah terutama di daerah daerah yang rawan perbukitan.

Komandan Kodim/1620, Letkol Kav. Andi Yusuf Kartanagara menyatakan, bahwa kegiatan program pembibitan ini adalah program yang di canangkan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dengan mengusung tema “Bersatu Dengan Alam Untuk Indonesia Hijau” dan merupakan tanggung jawab bersama demi masa depan.

“Kami ingin berkontribusi nyata dalam menjaga kelestarian alam dan membantu mengurangi risiko dampak  bencana alam di wilayah lombok tengah Dengan menanam pohon di daerah-daerah rawan, kami berharap dapat mengurangi risiko banjir dan longsor yang sering terjadi,” ujar Dandim Rabu, (3/7/2024).

Pembibitan ini dilakukan di area seluruh jajaran koramil Kodim 1620/Loteng dengan melibatkan seluruh anggota ,bibit-bibit yang ditanam terdiri dari berbagai jenis pohon yang cocok untuk kondisi tanah dan iklim di Lombok Tengah, seperti pohon trembesi, mahoni, dan sengon. Pemilihan jenis pohon ini dilakukan dengan pertimbangan agar pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat maksimal dalam mengurangi risiko bencana.

Kegiatan penanamannya di rencanakan akan kami laksanakan pada bulan Agustus 2024 secara bertahap di lokasi yang telah diidentifikasi sebagai daerah rawan banjir dan longsor,” terang Dandim.

“Namun ada beberapa desa di tiap kecamatan yang menjadi prioritas kami untuk penanaman antara lain Batukliang, Kopang, Pringgarata dan Praya. Diharapkan dapat membantu memperkuat struktur tanah, menyerap air hujan dengan lebih baik, dan mengurangi erosi,” tambahnya

Selain itu, Kodim 1620/Lombok tengah juga menggandeng semua lembaga pendidikan di sekitar lokasi untuk turut serta dalam program ini. Para siswa diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon dan diberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

“Dengan melibatkan generasi muda, diharapkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dapat ditanamkan sejak dini di lingkungan sekolah,” ucapnya.

Kodim 1620/Loteng juga terus berkomitmen dalam program pembibitan dan penanaman pohon agar dapat menjaga lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

“Semoga melalui program pembibitan pohon ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi daerah lain dalam melakukan penghijauan demi alam dan Indonesia hijau,” tandasnya.

Rossa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *