Home / TNI AD

Selasa, 27 Desember 2022 - 11:58 WIB

Dandim Klungkung Hadiri Rakor Forum Renstra Perangkat Daerah BPBD

Klungkung gentra.co.id,- BPBD berkomitmen melakukan ketangguhan dan kemandirian masyarakat dalam bencana. Permasalahan penyelenggaraan pembangunan bidang kebencanaan dimana masih terdapatnya korban baik jiwa dan harta benda akibat terjadinya bencana terjadi karena kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pengurangan resiko bencana.

Demikian disampaikan Kalaksa BPBD kabupaten Klungkung I Gede Widiada saat dalam Rapat Koordinasi Forum Renstra Perangkat Daerah BPBD Kabupaten Klungkung Tahun 2024-2026, Selasa ( 27/12/22 ).

Kegiatan yang di gelar di Kantor BPBD, Kelurahan Semarapura Kelod tersebut turut pula dihadiri oleh Kapolres, beberapa instansi Pemda serta Dandim Klungkung Letkol Inf Armen, S. Ag., M. Tr. (Han).

Sementara itu, dalam rapat tersebut Letkol Inf Armen, S. Ag., M. Tr. (Han) menyampaikan bahwa selain melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP), Tugas TNI adalah Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satunya masalah kebencanaan.

Bencana bisa datang tanpa direncana, sehingga perlunya deteksi dan cegah dini oleh seluruh pihak baik pemerintah daerah sampai tingkat paling bawah, “ungkapnya.

Menurutnya, beberapa hal yang dapat dilaksanakan adalah melaksanakan mitigasi, memetakan potensi bencana, menyiapkan Sarpras melaksanakan koordinasi secara melekat serta membentuk organisasi tanggap bencana, sehingga saat terjadinya bencana semua pihak telah siap untuk mengambil langkah cepat, terukur dan tepat.

Disamping itu, optimalisasi masing-masing wilayah desa disiapkan komunitas atau organisasi terkait dengan tanggap bencana dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa, tentunya dengan selalu berkoordinasi dan bersinergi bersama aparat keamanan baik Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta instansi terkat, “imbuhnya.

Keberhasilan suatu tugas tentu saja dimulai dari perencanaan serta persiapan yang baik serta didukung oleh kesiapan kemampuan pengetahuan dan keterampilan personel serta kelengkapan materiilnya, “tutupnya.

Sumber Pendim

Share :

Baca Juga

TNI AD

Sambil Komsos, Babinsa Himbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

TNI AD

Dukung Program Pemerintah Babinsa Hadiri Sosialisa Penangana Stunting di Desa Binaan.

POLDA NTT

Babinsa Karera Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan Puskesmas Nggongi

TNI AD

Danramil 1612-04/Borong mengikuti Rapat Koordinasi Penyelesaian Sengketa Tanah Antara Manggarai Timur dan Ngada

TNI AD

Kunjungi Pasar Hadakewa, Babinsa Koramil 03 Lewoleba Pantau Ketertiban.

TNI AD

Turnamen TOPAN CUP ll Dipadati Masyarakat, Babinsa Bungbungan Gelar Pengamanan

TNI AD

Dalam Rangka HUT KODAM IX UDAYANA, Kodim 1602/Ende Laksanakan Suntik Vitamin C Bagi Masyarakat

TNI AD

Babinsa Turun ke Masyarakat, Danramil 1622-01/Kalabahi Buka Suara

You cannot copy content of this page