Dengan Kerja Keras, Progres Rehab RTLH Oleh Satgas TMMD Kodim Bangli Hampir Rampung

Gentra News Bali, Bangli – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 yang dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) TMMD Kodim 1626/Bangli kini mendekati tahap penyelesaian salah satu sasaran fisik tambahan yaitu rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik I Wayan Ranis warga Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya TNI AD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pedesaan.

Sebelum program TMMD dilaksanakan, kondisi rumah milik I Wayan Ranis sangat memprihatinkan. Rumah dengan struktur yang kurang kokoh, mengakibatkan penghuni rumah sering merasa tidak nyaman, terutama saat cuaca buruk. Atap yang bocor, dinding yang retak, dan lantai yang tidak rata menjadi pemandangan sehari-hari bagi keluarga I Wayan Ranis.

Satgas TMMD Kodim 1626/Bangli bekerja keras sejak awal program untuk merealisasikan harapan I Wayan Ranis dan keluarganya. Dalam kurun waktu 3 minggu, berbagai kegiatan telah dilakukan untuk mengubah rumah yang dulunya tidak layak huni menjadi tempat tinggal yang nyaman dan aman.

Salah satu aspek yang paling menonjol dari pelaksanaan program TMMD ini adalah keterlibatan aktif masyarakat. Warga Desa Tiga menunjukkan semangat gotong royong yang tinggi, membantu Satgas TMMD dalam berbagai aspek pekerjaan.

Kolaborasi antara Satgas TMMD Kodim 1626/Bangli dan masyarakat juga didukung oleh pemerintah daerah serta berbagai pihak lain. Bantuan material dari pemerintah daerah, serta dukungan logistik dari berbagai organisasi, memastikan kelancaran proses rehab RTLH.

Kini, hasil dari kerja keras Satgas TMMD Kodim 1626/Bangli, Pemerintah daerah dan masyarakat sudah mulai terlihat. Rumah I Wayan Ranis telah berdiri kokoh dengan tampilan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Atap yang baru, dinding yang kokoh, dan lantai keramik yang rata bagi keluarga I Wayan Ranis.

“Saya tidak pernah membayangkan rumah kami bisa sebaik ini. Terima kasih kepada Satgas TMMD Kodim 1626/Bangli dan semua pihak yang telah membantu. Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan,” ungkap I Wayan Ranis dengan penuh haru.

Rehabilitasi rumah ini tidak hanya memberikan tempat tinggal yang layak bagi keluarga I Wayan Ranis, tetapi juga membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar. Kegiatan ini menjadi contoh nyata dari keberhasilan program TMMD dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah pedesaan.

Komandan Satgas TMMD ke 120 Kodim 1626/Bangli, Letkol Kav I Ketut Artha Negara, S.H., M.I.P menyatakan bahwa program TMMD merupakan wujud nyata dari upaya TNI AD untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dan membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di lapangan. “TMMD bukan hanya tentang pembangunan fisik, tetapi juga tentang pembangunan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini di berbagai wilayah,” tegasnya.

Dengan hampir rampungnya pengerjaan rehab RTLH milik I Wayan Ranis, program TMMD ke-120 di Desa Tiga menunjukkan hasil yang sangat positif. Semangat gotong royong dan kebersamaan antara TNI dan masyarakat menjadi modal utama dalam menyelesaikan pekerjaan ini.

Letkol Kav I Ketut Artha mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam program ini. “Kami berharap kerjasama yang baik ini terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi program-program serupa di masa depan,” ujarnya.

Rehabilitasi RTLH merupakan salah satu sasaran fisik dalam program TMMD ke 120 Kodim 1626/Bangli, selain pembangunan jalan, rehab tempat ibadah pura, dan pembuatan sumur bor. Program ini juga mencakup kegiatan non-fisik seperti penyuluhan dan sosialisasi kesehatan, pendidikan, hukum, kamtibmas dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
(Pendim 1626/Bangli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *