Home / POLRI

Kamis, 22 Desember 2022 - 17:54 WIB

Kapolres Karangasem Didampingi Bupati Karangasem Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Agung 2022

Karangasem gentra.co.id – Polres Karangasem. Kepala Kepolisian Resor Karangasem AKBP Ricko A.A Taruna, S.H.,S.I.K.,M.H.,M.M. didampingi Bupati Karangasem I Gede Dana, S.Pd., M.Si. pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Agung Tahun 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 di Lapangan Tanah Aron Kabupaten Karangasem. Kamis, 22/12/22

Hadir dalam giat tersebut Dandim 1623 Karangasem Letkol Inf. Sutikno., S.M., Kajari Amlapura Dr. Endang Tirtana., S.H.,M.H., Pengadilan Amlapura Rony Widodo., S.H., M.H., Ketua DPRD Kab. Karangasem I Wayan Suastika., S.T., Waka Polres Karangasem Kompol Fachmi Hamdani, S.Psi.,S.I.K., PJU Polres Karangasem, Personil yg terlibat Ops Lilin Agung Tahun 2022 sebanyak 105 Personil.

Amanat pimpinan apel Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia Nya, kita masih diberikan kesehatan, serta kekuatan untuk menghadiri “Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022”.

Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

Seperti kita ketahui bersama bahwa laju pertumbuhan Covid19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1.

Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 s.d. 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari s.d. 9 Januari 2023.

Pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Pada sisi kesehatan, kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid 19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru Omicron BN.1 yang lebih cepat menular, melihat hal tersebut agar melakukan penguatan prokes terutama pada lokasi lokasi dengan tingkat interaksi tinggi, imbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.

Selanjutnya pada sisi keamanan terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan. Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan penerapan contra flow dan one way pada jalur tol maupun arteri harus dilakukan secara fleksibel, menyesuaikan dengan situasi di lapangan dan mengacu data volume kendaraan dari traffic counting PT. Jasa Marga. Selain itu, lakukan sosialisasi secara masif sebelum rekayasa lalu lintas sehingga masyarakat terinformasi dengan baik.

Ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius, bahwa aksi terorisme seperti di Polsek Astana Anyar tidak boleh terjadi, maka kedepankan deteksi dini dan preventive strike guna mencegah aksi aksi terorisme, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan teror.

Pada pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan jalur keluar masuk yang baik, serta imbau wisatawan agar mematuhi prokes. Khusus objek wisata alam, siagakan tim tanggap bencana guna mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita.

Kepada seluruh personel pengamanan, saya berpe

Sumber Humas 

Share :

Baca Juga

POLRI

Kumpulkan Jasa Kebajikan, Polres Badung Sembahyang Bersama.

POLRI

Bhabinkamtibmas Monitoring giat Kader Posyandu Balita di Desa Selat.

POLRI

Satuan Reserse Narkoba Polda Bali Menerima sertifikat Manajemen Resiko ISO 31000:2018 Dari Wamenkumham RI

POLRI

Personil Polsek Dan Polres Bangli Amankan Kunjungan Peserta Inclusive Lifelong Learning Conference (ILLC) Di Obyek Wisata Penglipuran

POLRI

Respon Cepat, Unit Lantas Polsek Denpasar Barat Bantu Menangani Laka Lantas Di Simpang Umadui

POLRI

Pos Terpadu Ops Ketupat Agung 2023 Laksanakan Pemeriksaan Surat dan Barang Bawaan

POLRI

Persembahyangan Tutup Tahun Gong Xi Fa Cai 2574,Polres Klungkung Melaksanakan Pengamanan di Vihara Dharma Ratna.

POLRI

Kanit Samapta Polsek Kubu Pelayanan Keamanan Depan Sekolah dan Bantu Menyebrang Jalan.

You cannot copy content of this page