Kesiapan Satuan Tugas Pengamanan VVIP untuk Kunjungan Ibu Negara

Gentra News NTB – Mataram,  Ratusan personel Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram, Wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana bersama pasukan gabungan mengikuti apel dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Apel gabungan berlangsung di Lapangan Sangkareang, Jl. Pejanggik No 7, Kelurahan Mataram Barat, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, NTB, Rabu (29/5/2024).

Menyampaikan sambutan Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Waka Polda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan, S.I.K., selaku Wakil Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pengamanan Wilayah (Pam Wil) mengungkapkan, “Ibu Negara beserta rombongan akan dijadwalkan untuk mengunjungi Kabupaten Lombok Barat pada tanggal 30 hingga 31 Mei 2024 nanti,” ucapnya.

“Perlindungan, pengawalan, dan pengamanan bagi Ibu Negara merupakan prioritas utama. Tugas ini melibatkan TNI-Polri serta instansi terkait yang telah sesuai dengan amanah Undang-Undang. Pangdam IX/Udayana menegaskan pentingnya kesiapan satuan tugas pengamanan VVIP, baik dari segi organisasi, personel, materiil, alat dan perlengkapan,” tegas Wakil Dansatgas Pam Wil, Brigjen Pol Ruslan Aspan, S.I.K.

Wakil Dansatgas Pam Wil, Brigjen Pol Ruslan Aspan, S.I.K., menambahkan, “Apel pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi situasi di lapangan. Setiap kegiatan memiliki potensi kerawanan yang berbeda, dan tugas ini harus dijalankan tanpa kesalahan. Komandan Subsatgas yang ditunjuk diharapkan mampu mengorganisir kekuatan dengan baik dan mengendalikan anggota selama pelaksanaan tugas,” tambahnya.

“Dalam menghadapi kemungkinan yang akan terjadi, perlu dirumuskan cara bertindak yang relevan dan efektif. Keselamatan personel dan materiil harus diutamakan dalam setiap kegiatan. Sinergi antara TNI-Polri, Pemda, dan masyarakat juga menjadi kunci keberhasilan,” tutur Kepala Staf Kodim 1606/Mataram, Letkol Inf Supriadi, S.H., M.M.,.

“Mari laksanakan tugas ini dengan baik, ciptakan suasana aman, dan jaga kekompakan. Pengamanan VVIP adalah tanggung jawab bersama untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama kunjungan Ibu Negara dan rombongan,” Pungkasnya. Pendim Mataram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *