Kodim 1626/Bangli Gelar Kegiatan KB Kesehatan 2024

Gentra News Bali, Bangli – Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan demografi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, Kodim 1626/Bangli melaksanakan kegiatan KB Kesehatan Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Puskesmas Bangli Utara, Desa Pengotan, Kecamatan Bangli pada tanggal 22 Juni dan di Puskesmas Tembuku II, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku pada tanggal 27 Juni. Dengan mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Wujudkan Keluarga Berencana yang Berkualitas”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam program keluarga berencana (KB) yang berkualitas.

Kodim 1626/Bangli menunjukkan peran aktifnya dalam melaksanakan program KB Kesehatan bersama dengan seluruh instansi terkait. Langkah ini diambil sebagai upaya membantu pemerintah dalam pemberdayaan demografi di wilayah Indonesia. Program KB Kesehatan ini memiliki beberapa sasaran utama. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya program KB serta meningkatkan partisipasi aktif dalam pendewasaan usia perkawinan, pengaturan jumlah angka kelahiran, dan pembinaan ketahanan keluarga. Dengan demikian, keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera dapat terwujud.

Kegiatan ini juga berfokus pada penyediaan pelayanan KB gratis, pelayanan kesehatan reproduksi, kesehatan reproduksi remaja, serta kelangsungan hidup ibu, bayi, dan anak. Pelayanan ini diprioritaskan untuk keluarga pra sejahtera dengan menyediakan layanan gratis.

Dalam pelaksanaan kegiatan KB, peningkatan penggunaan kontrasepsi yang rasional, efektif, dan efisien menjadi salah satu fokus utama. Hal ini diharapkan dapat mengurangi angka kelahiran yang tidak diinginkan dan meningkatkan kualitas hidup keluarga.

Melalui fasilitas pemberdayaan dan pemanfaatan Posyan/Pustu kesehatan di daerah, peserta KB aktif akan mendapatkan pembinaan yang berkelanjutan. Hal ini penting untuk memastikan keberlanjutan program KB di masyarakat. Kegiatan KB mobile juga dilaksanakan untuk memberikan pelayanan KB bagi peserta KB baru dan melakukan pembinaan terhadap peserta KB aktif. Dengan demikian, jangkauan pelayanan KB dapat lebih luas dan merata.

Selain kegiatan fisik, kegiatan non fisik juga menjadi bagian penting dalam program KB Kesehatan ini. Beberapa kegiatan non fisik yang dilaksanakan antara lain penyuluhan yang dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berperan serta dalam kegiatan KB Kesehatan. Melalui penyuluhan ini, masyarakat diharapkan lebih memahami manfaat dari program KB dan kesehatan reproduksi.

Komandan Kodim 1626/Bangli, Letkol Kav I Ketut Artha Negara, S.H., M.I.P menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen TNI AD dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan keluarga berencana yang berkualitas. “Kami berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan demografi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini adalah salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut,” tegasnya.

Dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, diharapkan program KB Kesehatan TA 2024 ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat di wilayah Bangli dan sekitarnya. Kodim 1626/Bangli akan terus berupaya untuk memberikan kontribusi terbaik dalam mendukung tercapainya keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.
(Pendim 1626/Bangli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *