Home / TREN NEWS

Kamis, 16 Maret 2023 - 11:09 WIB

Ogoh-Ogoh Terbaik di Bali 2023 pada Ajang Kesanga Festival

Terdapat berbagai ogoh-ogoh terbaik di Bali 2023 sangat memukau. Ogoh-ogoh sendiri adalah sebuah karya seni patung yang ada di dalam kebudayaan Bali. Karya ogoh-ogoh menggambarkan kepribadian dari Bhuta Kala.

Di dalam ajaran Hindu Dharma, Bhuta Kala merupakan kekuatan alam semesta dan waktu yang tidak terbatas. Dalam ajang Kesanga Festival, sebanyak 12 ogoh-ogoh terbaik di Kota Denpasar, Bali mendapatkan penilaian dari dewan juri. Penasaran apa saja? simak di sini!

Festival Ogoh-Ogoh Terbaik di Bali 2023

Ajang Kesanga Festival berlangsung pada 17-18 Maret 2023 di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar. Di dalam festival ini, akan dilaksanakan parade ogoh-ogoh terbaik.

Melalui ajang Kesanga Festival ini, para masyarakat Kota Denpasar dan seluruh Bali dapat menyaksikan penampilan ogoh-ogoh terbaik tahun 2023 di Kota Denpasar yang sebelumnya telah melalui penilaian di masing-masing kecamatan.

Baca Juga :  Konser Agust D di Jakarta Bertajuk 'D-DAY', Cek Jadwal dan Aturannya

Penilaian akan memilih tiga ogoh-ogoh terbaik dan ogoh-ogoh terfavorit yang akan ditentukan oleh warga. Selain ogoh-ogoh berukuran besar, masyarakat juga dapat menikmati seni ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh. Tidak lupa juga ada pameran kuliner hasil dari UMKM Kota Denpasar.

Adapun nominasi tiga teratas ogoh-ogoh terbaik di Bali 2023 tersebut adalah Denpasar Barat, yaitu STT Putra Yasa Banjar Pengiasan, Desa Dauh Puri Kauh dengan nama ogoh-ogoh Siwa Paksha Bairawa yang meraih nilai 273. Nilai tersebut paling tinggi di seluruh Kota Denpasar.

Nominasi kedua adalah STT Dwi Putra Banjar Tegal Agung, Desa Pemecutan Kelod. Ogoh-ogoh mereka adalah Tumbal Rare dengan perolehan nilai 261.

Nominasi ketiga adalah STT Wira Darma Banjar Sumuh, Desa Dauh Puri Kuah. Karya ogoh-ogoh Sutasoma Antaka memperoleh nilai 258.

Baca Juga :  Gelar KTT AIS Perdana, Jokowi Yakini Akan Buka Peluang Baru Kerjasama Ekonomi

Banyak karya STT yang memanfaatkan limbah organik dan kombinasi mesin (hidrolik) dalam penggarapannya. Dengan demikian, ogoh-ogoh tampak lebih hidup dan tentunya ramah lingkungan.

Sebanyak 12 ogoh-ogoh terbaikĀ  tersebut akan mendapatkan uang stimulan masing-masing Rp 20 juta. Selain itu, mereka juga akan mendapat Rp 5 juta dari Provinsi Bali. Bagi pemenang I, II, dan III masing-masing kabupaten mendapatkan hadiah berturut-turut RP 50 juta, Rp 35 juta, dan Rp 25 juta.

Di samping hadiah, masing-masing sekaa taruna atau ST di Denpasar yang berhasil menciptakan ogoh-ogoh terbaik di Bali 2023 juga akan mendapatkan dana pembinaan dari bantuan Keuangan Khusus atau BKK masing-masing Rp 10 juta.

Share :

Baca Juga

Anak Polisi Aniaya Mahasiswa

TREN NEWS

Anak Polisi Aniaya Mahasiswa, Menambah Panjang Daftar Kriminalitas dari Kalangan ASN

TREN NEWS

Ustadz Hanan Attaki Masuk NU, Pendiri Gerakan Pemuda Hijrah

TREN NEWS

Panglima Pajaji Suku Dayak Menyoal Masyarakat Rempang : Saya akan Turun Tangan

POLDA BALI

Presiden Jokowi Sukses Pimpin KTT AIS Tekankan Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim, Ekonomi Biru serta Tata Kelola Maritim
John Wick

TREN NEWS

Lance Reddick, Bintang ‘The Wire’ dan ‘John Wick’, Meninggal di usia 60 tahun
Meizu 21 Ludes jual

TREN NEWS

Habis Terjual dalam Sekejap! Meizu 21, Si Ponsel Hits yang Bikin Geger

TREN NEWS

Bioskop Jadi Surga! Inilah 10 Film Terbaik 2023 yang Akan Menggebrak

TREN NEWS

Menyoal Penegakan Hukum Terkesan Tajam Kebawah Tumpul Keatas

You cannot copy content of this page