Penyuluhan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dalam Rangka TMMD ke-120 Kodim 1604/Kupang di Desa Lifuleo

Gentra News NTT – Kupang, Dalam rangka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120, Kodim 1604/Kupang melaksanakan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan tentang Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor Desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, dan menghadirkan pemateri Ibu Sarlintje D. Lado, S.Pt. dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kupang. Rabu (29/05/2024).

Acara penyuluhan ini dihadiri oleh masyarakat Desa Lifuleo dan sekitarnya, serta para aparat desa dan perwakilan dari Kodim 1604/Kupang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup dan kelestarian hutan, serta upaya-upaya yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk berkontribusi dalam pelestarian alam.

Dalam penyuluhannya, Ibu Sarlintje D. Lado menyampaikan berbagai materi penting, mulai dari pengenalan jenis-jenis hutan dan manfaatnya, hingga teknik konservasi dan reboisasi. Beliau juga menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar, mengingat dampak besar yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan dan deforestasi.

“Kita semua memiliki peran penting dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Dengan melakukan langkah-langkah kecil seperti menanam pohon, mengurangi penggunaan plastik, dan mendaur ulang sampah, kita dapat memberikan dampak besar bagi kelangsungan hidup generasi mendatang,” ujar Ibu Sarlintje.

Komandan Kodim 1604 selaku Dansatgas, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Ibu Sarlintje D. Lado dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kupang atas partisipasinya dalam kegiatan TMMD ini. “Kami sangat mengapresiasi penyuluhan ini karena selaras dengan tujuan TMMD, yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat tidak hanya dari sisi infrastruktur tetapi juga dari aspek pengetahuan dan kesadaran lingkungan,” ujar Kolonel Jalu.

(Jack Abu/Pendim 1604)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *