Satgas TMMD ke 120 Kodim 1614/Dompu dan Masyarakat Hijaukan Dam Mumbu dengan Ribuan Bibit Pohon

Gentra News NTT – Dompu, Salah satu program non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 Kodim 1614/Dompu adalah penghijauan. Hari ini, Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati selaku Dansatgas TMMD ke 120 bersama Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu Jufri, Kepala Kehutanan Kabupaten Dompu Faruk dan perwakilan PT. STM Ronal melaksanakan penghijauan di Desa Mumbu Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Selasa (4/6/2024).

Ribuan bibit pohon yang ditanam di sekitar areal Dam Mumbu itu berupa pohon kemiri, alpukat, sawo, jambu mente, durian dan beberapa jenis pohon lainnya.

Selaku Dansatgas TMMD ke 120 Kodim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan dukungan semua pihak untuk mensukseskan TMMD ke 120 di Kecamatan Woja salah satu sasaran non fisiknya yaitu penghijauan.

Kita ketahui bersama, sambungnya, penghijauan merupakan sarana untuk menjaga kelestarian lingkungan, mencegah pemanasan global dan lingkungan akan kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran akibat polusi udara.

“Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan yang kita tanam membuat lingkungan lebih segar, nyaman dan asri,” ujarnya.

Lebih lanjut Riyan mengatakan upaya penghijauan yang dilakukan ini sejalan dengan tema Hari Lingkungan Hidup tahun ini yaitu restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan.

Ia juga berharap kepada masyarakat yang ikut serta dalam penghijauan untuk merawat tanaman dengan baik agar bisa tumbuh dan berbuah sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat sekitra, bahkan bisa dijadikan lahan agro wisata yang bermanfaat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga melalui program penghijuan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk terus merawat dan menjaga kelestarian lingkungan untuk mewujudkan Kabupaten Dompu yang bersih, hijau dan sehat sesuai dengan slogannya “Dompu Berjasa”, harap Dansatgas.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu Jufri menyampaikan program penghijauan merupakan kerja sama antara pihaknya dengan Kodim 1614/Dompu dan masyarakat untuk mensukseskan program TMMD ke 120 dengan harapan akan menambah zona hijau di wilayah Kabupaten Dompu khususnya di Desa Mumbu yang nantinya bisa dimanfaatkan untk program wisata desa.

Jufri juga berharap kolaborasi antara Kodim 1614/Dompu dan Dinas Lingkungan Hidup yang dipimpinnya tetap terjaga dengan baik khususnya dalam program penghijauan karena manfaat dari penghijauan itu senditi akan langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar dengan melimpahnya oksigen yang dihasilkan oleh tanaman.

Aksi penanaman bibit pohon juga dihadiri Ketua Persit KCK Cabang XXVIII Kodim 1614/Dompu Ny. Astrini Dewi Anindita bersama pengurus, Kades Mumbu Ilham, anggota Kodim dan masyarakat setempat.

Rossa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *