Home / TNI AD

Kamis, 1 Desember 2022 - 19:59 WIB

TATAP MUKA POLDA BALI DENGAN ELEMEN MASYARAKAT BALI GUNA MENJAGA BALI YANG AMAN DAN NYAMAN DALAM PERAYAAN NATAL 2022 DAN TAHUN BARU 2023

 TATAP MUKA POLDA BALI DENGAN ELEMEN MASYARAKAT BALI GUNA MENJAGA BALI YANG AMAN DAN NYAMAN DALAM PERAYAAN NATAL 2022 DAN TAHUN BARU 2023

TATAP MUKA POLDA BALI DENGAN ELEMEN MASYARAKAT BALI GUNA MENJAGA BALI YANG AMAN DAN NYAMAN DALAM PERAYAAN NATAL 2022 DAN TAHUN BARU 2023

Denpasar Gentra.co.id Selamat siang komandan, ijin melaporkan perihal tersebut diatas.

1. Pada hari Kamis, tanggal 1 Desember 2022 pukul 09.00 wita bertempat di Hotel Puri Nusa Indah, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur telah dilaksanakan kegiatan terkait perihal tsb diatas.

2. Hadir dalam kegiatan :

A. Kasubdit III Dit Intelkam Polda Bali.
B. Kabag IV Kesbangpol Provinsi Bali.
C. Peserta sebanyak 35 orang terdiri dari Elemen Masyarakat diataranya : KOKAM. GP ANSOR, SENKOM, BULDOG, PECALANG BALI, YOWANA BALI, MDA Provinsi Bali, KARANG TARUNA, IKEMAL, FLOBAMORA, PETANESIA, FPNKRI, BATAK BERSATU, PEMUDA PANCASILA dan PEMUDA PEJUANG BALI.

3. Rangkaian kegiatan :

A. Pukul 09.00 wita Registrasi.

B. Pukul 09.25 wita pembukaan MC

C. Pukul 09.29 wita Doa.

D. Pukul 09.30 wita Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

E. Pukul 09.33 wita Sambutan dan Pembukaan oleh Kasubdit III Ditintelkam Polda Bali pada intinya : kegiatan ini bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan nyaman menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2023. Ormas memiliki peran fungsi tersendiri ditengah masyarakat, dalam dinamika bermasyarakat, berbangsa dan bernegara peran ormas sangat diharapkan dalam menjaga situasi yang kondusif.

F. Pukul 09.40 wita Pemaparan Materi oleh Kabag IV Kesbangpol Prov. Bali pada intinya : Ormas merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Ormas diharapkan mampu menjaga situasi kamtibamas yang aman dan damai.

G. Pukul 10.00 wita Pemaparan Materi oleh Kasubdit III Ditintelkam Polda Bali pada intinya : Memberikan pemahan kepada organisasi kemasyarakatan yang ada di Bali bahwa kehadirannya memiliki mantaat bagi masyarakat. Mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga situasi Khususnya dalam rangkaian perayaan Nataru. Polda Bali berkomitmen memberantas organized crime berkedok ormas yang meresahkan masyarakat serta Mengedukasi elemen masyarakat dan pelaku usaha untuk berani melaporkan aktivitas anggota ormas yang meresahkan dan melawan hukum.

H. Pukul 10.20 wita Sesi Diskusi Tanya Jawab :

1). Pertanyaan :

a. Pekat IB Bali : Banyak aksi turun kejalan yang secara nyata menyatakan bukan bagian dari NKRI, seberapa jauh aturan/undang-undang yang mengatur tentang OPM di Bali karena selama ini banyak aksi yang mengatasnamakan OPM dalam bentuk unras yang anarkis.

b. Yowana Bali : Keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk itu kami mohon agar ada panduan atau tahapan dalam menjaga keamanan agar terhindar dari pertikaian yang berjung konflik oleh pihak kepolisian.

c. Jarak Bali : Banyak saat ini berdiri organisasi kecil yang berada di pelosok desa yang sering menyatakan perkumpulan/ormas apakah ada dasar atau ulasan yang dapat membatasi hal tersebut sehingga tidak terjadinya gangguan kamtibmas.

d. Flobamora : Dalam dinamika dilapangan banyak terjadi hal yang bertentangan dengan hukum, banyak pelebelan terhadap suatu organisasi untuk menunjukan eksestensi, apabila terdapat tindakan Restoratif Justice maka lakukan secara menyeluruh bukan terhadap 1 maupun 2 kelompok.

e. Senkom : Kegiatan tatap muka ini sangat baik dilaksanakan sehingga kedepannya perlu dilakukan kegiatan serupa di kewilayahan/kabupaten kota untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Bali. Momen nataru dapat

f. Petanesia : Berkaitan dengan potensi konflik kelompok massa, kita hanya melihat dipermukaannya saja, apabila tercipta pergerakan pasti sudah ada pendanaannya, oleh karena itu mari kita susuri pergerakannya dari siapa yang mendanai dan siapa yang memiliki kepentingan.

g. Batak Bersatu : Berkaitan AMP kami merasa Ormas sendiri dibenturkan dengan kelompok tersebut, padahal keamanan merupakan tugas utama kepolisian dalam mengamankan massa. oleh karena itu perlu adanya ketegasan bagi kepolisian dalam penegakan hukum itu sendiri.

2). Jawaban :

a. Untuk AMP bukan OPM yang seperti disampaikan tadi, bawasannya teradapat kepentingan yang bermuatan Politik baik dalam dan luar negeri, sehingga hal tersebut perlu dibicarakan dalam forum yang lebih mengkhusus bukan dalam tema saat ini.

b. Berkaitan SOP dalam menjaga keamanan tidak perlu menggunakan panduan dalam bertindak, cukup mengenal/memahami diri sendiri lingkungan dan Organisasi bagaimana langkah dan cara bertindak tergantung dari baik buruknya situasi itu sendiri sehingga apa yang kita harapkan dapat berjalan dengan baik.

c. Polri sudah memiliki Bhabinkamtibmas yang dikedepankan disetiap desa, untuk melarang suatu kelompok dalam berkumpul dan berserikat sangat sulit dilakukan karena dijamin oleh Undang-Undang itu sendiri, oleh karena itu mari kita tertibkan dari diri sendiri serta oraganisasi masing-masing.

d. Banyak tindakan yang perlu dipertimbangkan dalam penegakan hukum, meliputi restortif justice yang merupakan program dari bapak Kapolri, kita perlu melihat dari sudut sebab akibatnya yang dimana hal tersebut dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh elemen masyarakat.

e. SOP Perayaan natal dan tahun baru sebenarnya sudah dilakukan dari tahun ke tahun, apabila dari pihak senkom ingin ikut bergabung dalam pengamanan bisa diusulkan kepada pihak terkait seperti ditingkat desa ikut berkalobarasi dengan Bakamda.

f. Berkaitan dengan hal tersebut Polda Bali sudah berupaya mengindentifikasi setiap indikasi yang sekiranya memiliki potensi gangguan kamtibmas sehingga dalam pergerakannya sudah dilakukan secara terarah dan terukur dalam bertindak dan melakukan pencegahan terhadap kerawan yang dapat timbul

g. Dukungan elemen masyarakat Bali sangat perlu dalam penanganan AMP di Bali, namun sepintas yang perlu kami sampaikan bawasannya apabila adanya tindakan anarkis kita harus lebih peka terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar agar sebisanya tidak terjadi gangguan kamibmas.

I. Pukul 11.35 wita Penutupan dan Deklarasi bersama Elemen Masyarakat Bali.

J. Pukul 12.00 wita Foto Bersama sekaligus berakhirnya kegiatan, dengan aman dan lancar.

Share :

Baca Juga

TNI AD

Mal Pelayanan Publik Kabupaten Klungkung Diresmikan Menteri PANRB RI, Dandim Klungkung Sebut Ada 113 Layanan

TNI AD

Matangkan Kesiapan Paskibraka Koramil Nusa Penida Naikkan Intensitas Latihan

TNI AD

Kodim Klungkung Gelar Pembinaan Antisipasi Balatkom dan Paham Radikal

TNI AD

Wakapolda Bali Pimpin Sidang Penetapan Kelulusan Akhir Penerimaan Rekrutmen Proaktif Bintara Polri TA 2023

TNI AD

Jalan Santai Gebyar LPD, Babinsa Jumpai Terjun Beri Pengawalan

TNI AD

Babinsa Mesangguk Berperan Aktif dalam Proyek Irigasi: Menjadi Motivator Kemajuan Pertanian di Dusun Pelepok

TNI AD

KEPEDULIAN DANREM 163/WSA MEMBERIKAN SANTUNAN DI JUM’AT BERKAH

TNI AD

Lestarikan Negeri, Posramil Biudukfoho dan Polsek Wewiku Tanam Anakan Kelapa

You cannot copy content of this page