Home / TNI AD

Selasa, 20 Desember 2022 - 13:39 WIB

BABINSA BERSINERGI BERSAMA BHABINKAMTIBMAS PERKUAT KEAMANAN DESA ADAT, HADIRI RAPATKAN SIPANDU

Bangli gentra.co.id-Perkuat keamanan Desa Adat, Bendesa Adat Banjar Payuk Desa Peninjoan Dewa Ngurah Subagia merapatkan SIPANDU BERADAT (Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Adat). Kegiatan yang dihadiri oleh Bpk MDA Kecamatan Drs. I Nengah Atub, Bapak Perbekel Desa Peninjoan a.n I Putu Juantara, Babinsa Sertu I Made Suarnika dan Bhabinkamtibmas Aiptu Dewa Ketut Tagel, Kelian Banjar Dinas dan Prajuru Adat serta elemen masyarakat yang menjadi anggota Sistem Keamanan Terpadu Berbasis Desa Adat atau yang disingkat dengan SIPANDU BERADAT, bertempat di Balai Banjar Adat Payuk Desa Peninjoan, Kec. Tembuku, Kab. Bangli. Selasa (20/12/2022)

Rapat yang dipimpin oleh Bendesa Adat ini diawali dengan menyampaikan agenda rapat, adapun agenda rapat yang dibahas mengenai tugas dan fungsi dari SIPANDU BERADAT ini. Dalam SK yang telah dibuat yang menjadi pembina dari SIPANDU BERADAT ini ialah Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan, dengan Pengarah Bapak Perbekel Desa Peninjoan dan di Koordinir oleh Bendesa Adat Desa Pekraman Peninjoan bersama Prajuru Adat, serta yang menjadi anggota ialah dari unsur Pecalang, Linmas dan tokoh masyarakat dan agama.

Dalam kesempatan ini Bapak Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan Aiptu Dewa Ketut Tagel yang merupakan selalu Pembina I SIPANDU BERADAT menyampaikan dasar hukum yang mendasari dibentuknya SIPANDU BERADAT ini, dan juga menyampaikan beberapa hal terkait tugas, fungsi dan wewenang dari SIPANDU BERADAT ini. Dari salah satu penyampaiannya bahwa tugas dan fungsi SIPANDU BERADAT ini merupakan ujung tombak dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wewidangan Desa Adat Payuk.

Selain itu Babinsa Desa Peninjoan Sertu I Made Suarnika yang merupakan selaku pembina juga menyampaikan beberapa hal kepada anggota SIPANDU BERADAT ini. menyampaikan bahwasannya keamanan Desa Adat merupakan tanggungjawab bersama, jika Keamanan hanya diberikan kepada aparat, hal itu sangat terbatas mengingat sedikitnya aparat yang ada di Desa, sehingga diharapkan dengan adanya SIPANDU BERADAT ini dapat membantu para aparat keamanan untuk mengamankan wilayahnya masing-masing.

Bapak Perbekel Peninjoan Bpk. I Putu Juantara. yang merupakan selaku pengarah dalam hal ini menyampaikan agar kedepannya pengurus dan anggota SIPANDU BERADAT ini diberikan pembinaan-pembinaan terkait dengan tugas pokok, fungsi dan wewenang yang dimiliki dari organisasi SIPANDU BERADAT ini.

Di tempat terpisah Dandim 1626/Bangli Letkol Arh. Sutrisno S.Sos. mengatakan, bahwa Babinsa harus selalu melekat dan wajib untuk menghadiri kegiatan yang ada ditengah masyarakat, baik bersifat kegiatan sosial, keagamaan ataupun pertemuan atau rapat dengan aparatur Desa.

“Hal tersebut untuk menjalin hubungan yang harmonis antara TNI dan masyarakat, serta dapat memperkuat Birokrasi unsur pemerintahan desa, mengingat tanpa bantuan dan peran masyarakat tidak dapat menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya “, tegas Dandim  Sumber pendim

Share :

Baca Juga

TNI AD

SENERGI ANTARA BABINSA KORAMIL 1609-03/SERIRIT DENGAN WARGA MASYARAKAT DALAM KEGIATAN KOMSOS UNTUK MEMPER ERAT HUBUNGAN SILAHTURAHMI, KEAMANAAN DAN KONDISi MASYARAKAT DESA BINAAN

TNI AD

Kiprah Babinsa Blahkiuh Dalam Rapat Pembentukan Tim Siaga Rabies (Tisira)

TNI AD

Bupati Sanjaya Hadiri Karya Ngenteg Linggih Krama Desa Adat Sandan Amplas

TNI AD

Permasalah Pencurian Gabah di Desa Kedis Diselesaikan Oleh Sipandu Beradat

TNI AD

Jalin Hubungan yang Baik Bersama Pemerintahan Desa, Babinsa Laksanakan Komsos Tekankan Kamtibmas dan Tetap Wapada Terhadap Cuaca

TNI AD

Kodim Belu Gelar Acara Korp Raport Jabatan Perwira, Pindah Satuan, Masuk Satuan dan Purna Tugas

TNI AD

Babinsa Kopda Junaidi Membangun Kedekatan dengan Remaja Desa Fafinesu Melalui Komsos

TNI AD

Pangdam IX/Udayana Terima Audiensi Pertamina Patra Niaga Jatim Bali Nusra

You cannot copy content of this page