Babinsa Ramil 1604-04/Amarasi Ikuti Workshop Sinkronisasi Sistem Pelayanan ODGJ

Gentra News Kupang – Babinsa Ramil 1604-04/Amarasi, Serda Yornam T. Kase, mengikuti acara Mini Workshop Sinkronisasi Sistem Pelayanan dan Rujukan Pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang diselengarakan oleh Rumah Sakit Naimata dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang. Kegiatan yang berlangsung di Aula Puskesmas Oekabiti, Kelurahan Nonbes, Kecamatan Amarasi ini, dihadiri berbagai pihak penting termasuk Kasie Pemberdayaan Bpk. Yakob Tunbonat, Dokter Umum RSJ dr. Elvino Manafe, dan Koordinator JPM Ibu Ani Ratu Radja. Senin (24/06/2024).

Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Desa Oesena Bpk. Nelson F. Boymau, Kepala Desa Oenoni Bpk. Jalimus Bureran, Bhabinkamtibmas Desa Tesbatan 1 dan 2, Aipda Kornelis Babys dan Aipda Ferdi Benu, serta Bhabinkamtibmas Desa Oesena Bripka Max William Tobe. Tidak ketinggalan, para kader kesehatan jiwa (Keswa) dari Desa Oenoni dan Desa Oesena, serta Kader Kesehatan Mental dari 12 desa lainnya yang tergabung dalam Program Matahati.

Disela-sela kegiatan Babinsa Serda Yornam T. Kase menyampaikan pentingnya sinkronisasi sistem pelayanan dan rujukan pasien ODGJ guna meningkatkan efektivitas penanganan kasus gangguan jiwa di wilayah tersebut. “Kolaborasi antara TNI/Polri, tenaga kesehatan, dan masyarakat sangat penting untuk memastikan bahwa pasien ODGJ mendapatkan pelayanan dan perawatan yang memadai. Dengan sistem yang terintegrasi, kita dapat memberikan respon yang cepat dan tepat,” ujar Serda Yornam.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara berbagai instansi dan memastikan keberlanjutan program kesehatan mental di Kabupaten Kupang. Diharapkan, melalui workshop ini, tercipta sistem pelayanan kesehatan yang lebih baik dan komprehensif bagi pasien ODGJ, sehingga mereka mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk pemulihan dan integrasi kembali ke masyarakat.

(Jack Abu/Pendim 1604)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *