Bupati Sanjaya Lepas 36 Calon Jemaah Haji Tabanan ke Tanah Suci

Gentra News Bali – Tabanan PR – Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M pimpin acara seremonial yang sarat akan makna, yakni melepas keberangkatan para Calon Jemaah Haji dari Wilayah Tabanan ke Tanah Suci. Dalam seremonial yang diadakan secara simbolis ini, menandai komitmen pemerintah daerah dalam mendukung dan memfasilitasi perjalanan ibadah Haji bagi warga Tabanan, dimana, pelepasan Calon Jemaah haji tersebut berlangsung di Ruang Rapat Utama Singasana Kantor Bupati Tabanan, Selasa (28/5).

Kegiatan ini, menjadi momen penanda penting yang memperkuat ikatan antara pemerintah dalam melaksanakan kewajiban agama Islam di Kabupaten Tabanan. Saat itu nampak hadir, Wakil Bupati Tabanan, salah satu Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Jajaran Forkopimda Tabanan, Sekda dan Para Asisten Setda, para Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Plt. Kantor Agama Tabanan, Ketua MUI Tabanan, Ketua IPHI Tabanan dan para calon Jemaah haji.

Sebagai Rukun Islam yang ke-5, Ibadah Haji menjadi suatu kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu secara fisik dan mental, seumur hidup satu kali. Oleh sebab itu, Sebanyak 36 orang calon Jemaah Haji Tabanan yang terdiri dari 18 orang Jemaah laki-laki dan 18 orang Jemaah Perempuan, tergabung dalam kloter 72 SUB, siap untuk diberangkatkan Ke Jeddah pada tanggal 31 Mei 2024 langsung dari Surabaya. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Tabanan juga turut memfasilitasi transportasi 1 unit bus 45 seat yang siap mengantar jemput keberangkatan dan kepulangan Jemaah saat di Bali nantinya. Jemaah dijadwalkan akan kembali ke Bali dari Madinah pada 11 Juli 2024.

Dalam arahannya Bupati Sanjaya siang itu menyampaikan, mengingat kewajiban umat Islam dalam menjalankan perintah agama untuk melalukkan Ibadah Haji, yang juga dibatasi oleh quota keberangkatan, agar para Jemaah senantiasa memanfaatkan kesempatan yang dimiliki, sebab para Jemaah yang berangkat merupakan bagian dari orang-orang yang terpilih dan beruntung. Pesannya agar memperbanyak berdoa di tempat-tempat yang telah ditentukan, sebagai tempat mustajabnya doa dan senantiasa berdoa untuk Kabupaten Tabanan agar semua bisa sehat walafiat dalam rangka mewujudkan Tabanan yang Aman Unggul dan Madani.

“Saya mengingatkan kepada para Jemaah Haji, peliharalah kekompakan, kesatuan dan persatuan di antara sesama jemaah, jagalah nama baik bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Tabanan. Selain itu, selama berada di tanah suci, jagalah Kesehatan Bapak dan Ibu Semua, karena suhu udara sangat berbeda dengan di tanah air,” pesan Sanjaya.

Harapan dan doa juga disampaikan Sanjaya agar perjalanan Ibadah Haji lancar menuju Haji yang mabrur. Pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa berdoa semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kemudahaan buat para jemaah yang akan berangkat, lancar dalam beraktifitas di tanah suci dan sampai kembali ke tanah air dengan selamat. Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tabanan Sanjaya mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M.

Di kesempatan itu, I Gusti Ngurah Agung Wardhita, SH, Selaku Plt.Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tabanan, menyampaikan, perjalanan Ibadah Haji merupakan perjalanan yang membutuhkan fisik yang prima, doa yang Ikhlas, hati yang bersih untuk kemudahan mewujudkan haji yang mandiri, mabrur dan penuh keberkahan dari Allah SWT. Oleh karena itu, para calon jemaah sebelumnya telah dibekali dengan pengecekan Kesehatan fisik berikut pelatihan manasik haji sebelum diberangkatkan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Tabanan atas dukungannya untuk pelaksanaannya hari ini. Semoga Ibadah Haji tahun ini menjadikan Jemaah Haji Kabupaten Tabanan dapat merealisasikan sikap dan sifat yang iklhas, rendah hati, sabar dan pemaaf, sehingga dapat menjadi suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

@prokopimtabanan,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *