Home / TNI AD

Sabtu, 10 Desember 2022 - 11:35 WIB

Dampingi Bupati Klungkung Tanam Mangrove, Letkol Armen Ajak Jaga Bumi Pertiwi

Klungkung gentra.co.id ,- Bertepatan dengan perayaan Tumpek Wariga yang jatuh pada Saniscara Kliwon, Wuku Wariga hari ini, Komandan Kodim ( Dandim ) 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, S. Ag., M. Tr. (Han) mendampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melaksanakan persembahyangan bersama dan penanaman Mangrove, Sabtu ( 10/12/22 ).

Kegiatan yang di gelar di Pura Sakenan, desa Lembongan, Nusa Penida tersebut turut pula dihadiri oleh Forkopinda dan OPD kabupaten Klungkung serta pejabat kecamatan dan desa Lembongan.

Di sela kegiatannya, Bupati Suwirta mengatakan, perayaan hari Tumpek Wariga ini umat Hindu melaksanakan upacara atau perayaan secara niskala dan sekala sesuai Instruksi Gubernur Bali Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Wariga dengan Upacara Wana Kerthi sebagai pelaksanaan tata titi, kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru.

Baca Juga :  KORAMIL 1609-03/SERIRIT. TINGKATKAN PERSAUDARAAN ANTAR WARGA BINAAN,PERSINIL KORAMIL 1609-03/SERIRIT LAKSANAKAN KOMSOS .

Adapun filosofi dari perayaan tumpek wariga ini merupakan wujud syukur serta pemulian terhadap tumbuh-tumbuhan sebagai ungkapan terimakasih kita kepada alam semesta yang telah memberikan sumber kehidupan, ‘imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, S. Ag., M. Tr. (Han) menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas kesempatan yang diberikan untuk ikut serta dalam salah satu perayaan upacara keagamaan di pulau dewata ini.

Sungguh momen yang luar biasa, dapat ikut terjun langsung melihat dan terlibat dalam salah satu upacara dan tradisi yang penuh dengan kearifan lokal, “ujarnya.

Baca Juga :  Dandim Klungkung Hadiri Megendu Wirasa"Jumat Curhat Bersama Kapolda Bali

Menurut pucuk pimpinan di Kodim Klungkung ini, penanaman pohon sebagai rangkaian upacara tumpek wariga ini juga menjadi salah satu upaya untuk mencintai dan menjaga lingkungan.

Inilah salah satu impelemntasi dari persahabatan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Manusia dengan alam memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan. Alam merupakan sumber kebutuhan hidup sehari-hari serta sumber ilmu pengetahuan,”tuturnya.

Menjaga, memelihara serta melestarikan alam ini menjadi kewajiban kita semua. Jagalah Ibu Pertiwi, maka ia akan memberikan kenyamanan dan menjaga keberlangsungan hidup kita semua,” tegasnya untuk selalu menjaga, ini,” tegasnya. (Pendim 1610/Klungkung).

Share :

Baca Juga

TNI AD

Siapkan Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia, Dandim Tabanan Gelar Pasukan Pengamanan di Pasar Rakyat Baturiti

TNI AD

Babinsa Hadiri Rapat Musdes dalam Rangka Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) Desa Susut TA 2024

TNI AD

Penyelenggaraan Shalat Idul Adha 1444 H/2023 M

TNI AD

Perkuat Sinergitas,Danrem 161/WS Silaturahmi Ke Kantor Kapolda NTT.

TNI AD

Babinsa Amankan Kegiatan Jalan Santai STT Banjar Kaja Kauh

TNI AD

BABINSA 1623-06/SELAT KAWAL PENCAIRAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT)

TNI AD

Babinsa Galungan Dampingi Petuhas Dukcapil Laksanakan Perekaman E-KTP

TNI AD

TNI-POLRI, Bersinergitas Dalam Menciptakan Keamana Dan Kententraman Masyarakat.

You cannot copy content of this page