Home / TNI AD

Selasa, 6 Desember 2022 - 18:24 WIB

GEMPA BUMI TEKTONIK 6,2 DI SELATAN JAWA TIMUR, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

GEMPA BUMI TEKTONIK 6,2 DI SELATAN JAWA TIMUR, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

GEMPA BUMI TEKTONIK 6,2 DI SELATAN JAWA TIMUR, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Kejadian dan Parameter Gempa bumi:

gempa bumi jawa timur gentra.co.id – Hari Selasa 06 Desember 2022 pukul 13.07.48 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, Jember, Jawa Timur diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 10,70° LS ; 113,38° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 223 Km arah Selatan Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi/patahan batuan di zona outerise. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( normal fault ).

Dampak Gempa bumi:

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Jember, Gubukmas, Mataram, Kepanjen, dan Sumber pucung dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ), daerah Madiun, Ponorogo, Bantul,  Yogyakarta, Sawahan, Klaten, Banyuwangi, dan Karangasem dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Gempa bumi Susulan:

Hingga pukul 13.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 (dua) aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) dengan kekuatan terbesar M4,6.

Rekomendasi:

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Share :

Baca Juga

TNI AD

Pos Motaain Satgas Yonif 742/SWY Laksanakan Pengobatan Kepada Warga RI-RDTL yang Sakit

TNI AD

BLT DD Bulan Oktober Cair, Babinsa Kampung Gelgel Dampingi 30 Warga

TNI AD

Danramil Banjarangkan Terjun Langsung Pantau Situasi Wilayah

TNI AD

Babinsa Hadiri Serahkan Langsung Bantuan BLT – Dana Desa Kepada Masyarakat

TNI AD

Kasdam IX/Udayana Hadiri Rakor Lintas Sektoral Bidang Ops Tahun 2024 di Mapolda Bali

TNI AD

Polres Badung Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Agung 2022

TNI AD

Pastikan Berlangsung Aman dan Lancar, Babinsa Desa Pemecutan Kelod Pantau Kegiatan Metatah

TNI AD

Babinsa Oenggae hadiri Rapat Pembagian Cool Box Ikan Kepada Nelayan di Desa Binaan.

You cannot copy content of this page