Home / TNI AD

Selasa, 27 Desember 2022 - 11:19 WIB

Babinsa Tojan Ajak Sipandu Beradat Optimalkan Tugas Jelang Tahun Baru

Klungkung gentra.co.id,- Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah desa Tusan bersinergi dengan TNI-Polri dalam rangka persiapan menjelang perayaan Tahun Baru 2023.

Upaya itupun terlihat saat digelarnya rapat tentang pengamanan menjelang pergantian Tahun Baru yang mengedepankan Sipandu Beradat (Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat) di Balai Banjar Adat Seme Agung, Dusun Semeagung, Desa Tusan, Senin ( 26/12/22 ) malam.

Serka Dewa Putu Carma Mudita Babinsa desa Tusan sangat menyambut baik pertemuan Sipandu Beradat ini sebagai upaya peningkatan komunikasi, koordinasi serta optimlisasi tugas di wilayah adat, khususnya saat menjelang Tahun Baru nanti.

Dengan kegiatan ini harapannya semua pihak di desa adat, baik perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta komponen lainnya dapat berkolaborasi dalam mendeteksi dan cegah dini akan perkembangan situasi wilayah, “ungkapnya.

 

Sementara itu, Majelis Madya Kab.Klungkung, Dewa Made Tirta, Spd menyampaikan Sipandu Beradat, atau sistem pengamanan lingkungan terpadu berbasis desa adat merupakan bentuk kemitraan yang memiliki komponen antara lain Bankamda, pecalang, Linmas dan komponen keamanan lainnya di bawah binaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di tingkat desa adat.

Besar harapannya, konsistensi dan peran aktif Sipandu Beradat dapat mewadahi permasalahan-permasalahan yang terjadi di wilayah adat, sehingga wilayah tetap dalam situasi dan kondisi yang aman dan kondusif, “terangnya.

Dikonfirmasi terpisah Letkol Inf Armen, S. Ag., M. Tr. (Han) menambahkan, sejatinya menciptakan situasi dan kondisi wilayah yang aman, tertib dan kondusif tidak hanya menjadi tugas aparat semata, namun kontribusi seluruh pihak menjadi faktor penting terwujudnya kondusifitas wilayah.

Apalagi dengan adanya keberadaan Sipandu Beradat ini diharapkan mampu menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan warganya serta adat dan tradisi seni dan budaya wilayahnya, “imbuhnya.

Mari optimalkan peran dan fungsi sesuai bidang masing-masing untuk mewujudkan wilayah yang damai, khususnya saat menghadapi pergantian Tahun Baru nanti, “pungkas Dandim. ( Pendim 1610/Klungkung ).

Sumber Pendim 

Share :

Baca Juga

TNI AD

Babinsa Kelurahan Lidak Bersama Poktan Debu Metan Panen Perdana Padi

TNI AD

Sinergitas TNI – POLRI Koramil 1612-05/Elar Bersama Polsek Lamba Leda Membersihkan Sampah Secara Serentak di Dampek Desa Satar Padut, Kabupaten Manggarai Timur

TNI AD

Babinsa Atensi Rapat Koordinasi Perekrutan Anggota KPPS Pemilu 2024 Wilayah Samplangan

TNI AD

Waka Polsek Singaraja Terima Aspirasi Masyarakat Kelurahan Kaliuntu

TNI AD

Prioritas Indonesia Pada AMOM 2023 Tercermin Dalam Tema “Peace, Prosperity And Security”

TNI AD

Musim Penghujan Warga Perbatasan Di Himbau Jaga Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Keluarga

TNI AD

H – 2 HARI RAYA IDUL FITRI 1444 H, PERSONIL JAJARAN KODIM 1609/Bll LAKSANAKAN PENGAMANAN DI POS TERPADU

TNI AD

Sinergi TNI Bersama Rakyat, Babinsa Bantu Bangun Rumah Warga

You cannot copy content of this page