Home / TNI AD

Senin, 12 Februari 2024 - 15:01 WIB

HUT Korem 163/WSA Ke 63, Kodim 1616/Gianyar Dukung Upacara Penjamasan Dhuaja Di Pura Gunung Kawi

Gentra News Bali – Gianyar – Tampaksiring, di Pura Gunung Kawi Banjar Penaka Desa/Kec. Tampaksiring Kab. Gianyar telah dilaksanakan kegiatan Penjamasan Dhuaja Korem 163/WSA dalam rangka HUT Korem 163/WSA ke-63 di pimpin/Puput oleh Pemangku Pura Gunung Kawi Jro Mangku Ketut Wirawan yang diselenggarakan oleh Korem 163/WSA. Senin (12/2/2024)

Rangkaian kegiatan Penjamasan Dhuaja Korem 163/WSA diawali dengan acara Penyambutan Dhuaja Korem 163/WSA di Jaba Tengah Pura Gunung Kawi dengan dibukanya selubung Dhuaja oleh Danrem 163/WSA dan prosesi Upacara penyambutan dipimpin oleh Pendeta/Pemangku Pura Gunung Kawi Banjar Penaka yang dilanjutkan dengan kegiatan Sembahyang bersama, acra Sambutan-Sambutan, Penyerahan Amal/Dana Punia oleh Danrem 163/WSA kepada Bendesa Pura Gunung Kawi Banjar Penake dan acara Penutupan Dwaja Korem 163/WSA oleh Danrem 163/WSA.

Adapun sambutan Bendesa Pura Gunung Kawi Banjar Penaka Desa Tampaksiring I Ketut Nuarka pada intinya menyampaikan ucapan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada dirinya untuk menyampaikan beberapa hal dengan diawali ucapan Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada saat ini masih diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Penjamasan Dhuaja Korem 163/WSA, selaku Bendesa Adat mewakili masyarakat pengemong Pura Gunung kawi yang bersangkutan menyampaikan lebih lanjut bahwa pribadinya dan masyarakat setempat merasa bangga memiliki sebuah Pura yang sangat bersejarah dimana setiap tahun apabila menjelang akan dilaksanakan perayaan ulang tahun Korem 163/WSA diawali dengan melakukan Penjamasan Dhuaja Korem 163/WSA di Pura Gunung Kawi Banjar Penaka sehingga kegiatan ini dirasa sangat penting serta rutin setiap tahunnya, Pura Gunung Kawi sendiri merupakan tempat Payogan Raja Udayana, disamping itu sangat diyakini bahwa Taksu atau aura positif akan tumbuh dan memberikan cahaya yang cemerlang setelah pada masa- masa berikutnya, dengan adanya kegiatan ini kami berharap stabilitas keamanan, kertiban dan kenyamanan khususnya di Bali maupun Indonesia pada umumnya tetap terjaga, di Pura Gunung Kawi mempercayai ada sumber air suci yaitu tirta sakti dan tirta langse, semua tirta dipercikkan pada setiap rangkaian upacara yang diadakan di Pura Gunung Kawi, Jero Bendesa juga menyampaikan permohonan maaf bilamana pada acara penyambutan ada kekurangan maupun kelalaian. Ungkapnya”

Baca Juga :  Ibu Ketua Persit KCK Korem 162/WB Jenguk Anak Anggota KBT Yang Sakit

Sambutan Danrem 163/WSA pada kegiatan Penjamasan Duaja Korem 163 tersebut menyampaikan mari kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karunianya, pada hari ini kita dapat hadir untuk mengikuti Upacara Penjamasan Dhuaja korem 163/WSA dalam keadaan sehat wal’afiat. Untuk itu kita pahami, Upacara penjamasan Dhuaja Korem 163/WSA tidaklah semata mata hanya sebagai tradisi atau kegiatan ceremonial saja, namum didalamnya terkandung makna dan tujuan, tentunya Masyarakat pengempon Pura Gunung Kawi yang telah membantu kelancaran dan kemudahan kegiatan ini. Untuk menyucikan Dhuaja Korem 163/WSA itu sendiri dengan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sehinga seluruh Prajurit Korem diberikan kekuatan, keselamatan serta pemikiran yang baik dan suci agar mampu memikul tugas demi mengabdi kepada Masyarakat Bangsa dan Negara dengan tulus iklas tanpa pamrih. Pungkasnya”

Baca Juga :  Kepedulian Terhadap Sesama, Mako Satgas Yonkav 6/NAGA Karimata Ikut Membantu Menggali Kuburan

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Danrem 163/WSA Brigadir Jenderal TNI Agus Muchlis Latif S. I. P, M.M, Kasrem 163/WSA Kolonel Inf Rusdian Parma S.i.p, Para Dandim Jajaran Korem 163/WSA, Para Kasirem 163/WSA, Dan/Ka Balak Ajenrem 163/WSA, Danyonif 741/GN, Perwira Makorem 163/WSA, Kasdim dan Para Pasi Kodim 1616/Gianyar, Para Danramil Jajaran Kodim 1616/Gianyar, Muspika Kec. Tampaksiring, Bendesa Pura Gunung Kawi Banjar Penake I Ketut Nuarka, Anggota Makorem 163/WSA, Anggota Kodim 1616/Gianyar, Tokoh Agama, Adat dan tokoh Masyarakat Banjar Penake Desa Tampaksiring.

Share :

Baca Juga

TNI AD

Dandim 1615/Lotim Siapkan Personel Antisipasi Bencana Alam Musim Hujan

TNI AD

Babinsa Koramil 1624 -04/Omesuri Hadiri Musrenbang Desa.

TNI AD

Giatter Babinsa Koramil 1614-03/Hu’u Bersama Warga Desa Bina’anya

TNI AD

Kodim 1614/Dompu, Rutin Menyelenggarakan Upacara Bendera Merah Putih Setiap Hari Senin

TNI AD

Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif Selama Kampanye Pemilu 2024, Personil OMB Wilayah Padangbai Gencar Lakukan Patroli

TNI AD

Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Babinsa Sertu Kris Talasi Komsos Dengan Appem

TNI AD

Dampingi Anak Sekolah Tunggu Jemputan, Ini Pesan Babinsa Selisihan

TNI AD

Semangat, Babinsa Serka Muslih Bantu Warga Binaan Panen Padi

You cannot copy content of this page