Home / TNI AD

Jumat, 23 Desember 2022 - 12:40 WIB

Sebagai Wujud Kepedulian Terkait Keamanan, Babinsa Kel. Kawan Melakukan Pemantauan dan Pengamanan

Bangli gentra.co.id – Masih dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, Babinsa Kelurahan Kawan Koramil 01/Bangli Kodim 1626/Bangli Peltu I Ketut Suparna Wijaya bersama petugas terkait melakukan pemantauan dan pengamanan terhadap upacara Nangluk Merana bertepatan dengan tilem sasih ke enam yang diselenggarakan oleh Pemkab. Bangli bertempat di perempatan Catus Pata Kota Bangli. Jumat (23/12/2022)

Upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Made Gelgel Griya Tegalalang dengan tujuan upacara Nangluk Merana memohon kerahayuan dan keselamatan jagat dan sedaging jagat agar dijauhkan dari hal-hal yang bersifat negatif dan malapetaka, bencana serta agar merana, hama termasuk virus- virus maupun penyakit lainnya kembali ke alamnya dan sirna.

Jro Nyarikan Widata mengatakan makna upacara adalah untuk harmonisasi alam buana agung dan buana alit secara niskala dan menetralisir kekuatan negatif, dengan harapan umat manusia dapat hidup harmonis dengan sesananya, alam beserta isinya dalam keadaan sehat jasmani rohani dan rahayu.

Selain melakukan pemantauan, Danramil 1626-01/Bangli bersama Babinsa juga memberikan imbauan mengenai protokol kesehatan dalam situasi wabah Virus Corona atau COVID-19 dengan tujuannya untuk mengantisipasi agar virus yang telah menjangkiti puluhan orang di Bali itu tak semakin meluas dan mengimbau agar krama yang mengikuti prosesi upacara nangluk merana tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk menghindari terjadinya transmisi lokal atau penularan dari orang positif terjangkit Virus Corona kepada masyarakat yang sehat.

Pantauan di lapangan, di tengah situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan upacara diikuti secara terbatas dan berlangsung sesuai prosesi tanpa ada hambatan, masyarakat pun terpantau mengikuti anjuran protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

Demikian. MMP
Sumber Pendim

Share :

Baca Juga

TNI AD

Babinsa Serda Rudy Aplugi Hadiri Rapat Bersama Bahas Langkah Antisipasi Mudik Lebaran

TNI AD

Bangun Keakraban Dengan Warga Binaan Babinsa Gelar Komsos

TNI AD

Medan Rumit Bukan Jadi Masalah , Pos Nino Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Laksanakan Patroli Patok

TNI AD

HUT Kota Denpasar, Babinsa Ubung Kaja Atensi Fun Run Diwilayah Binaan

TNI AD

Kapolsek Bebandem bersama Anggota Amankan giat Masyarakat Pasaran Bebandem

TNI AD

Danrem 162/WB : dengan Penutupan TMMD ke-118 ini, Diharapkan Semangat Gotong Royong dan Kerja Sama Antara TNI dan Masyarakat Dapat Terus Ditingkatkan

TNI AD

Kodim 1602 Ende Terima 40 Unit Sepeda Motor Dinas dari Kementrian Pertahanan (Kemhan) RI

TNI AD

Babinsa Desa Waelibo Ikut Sukseskan Pembangunan Wilayah Binaannya

You cannot copy content of this page